Cara Memperbaiki Hard Disk Eksternal atau FD yang Minta Format

Baca Juga

Mungkin kita pernah atau sedang mengalami kejadian ketika menggunakan perangkat penimpanan eksternal, tiba-tiba muncul notifikasi bahwa Hard Disk Eksternal atau FD harus di Format, dan kita tidak bisa membuka isi didalamnya sampai perangkat eksternal tersebut di Format.

 

Tapi bagaimana jika didalam Hard Disk Eksternal atau FD tersebut berisi data-data penting kita? tentunya kita akan coba cari solusi lain selain memformat Hard Disk Eksternal atau FD tersebut.
Biasanya hal itu terjadi karena kita semenah-menah dalam mencabut Hard Disk Eksternal atau FD, apalagi jika Hard Disk Eksternal atau FD sedang dalam proses penggunaan, tentunya hal itu akan menjadi masalah tersendiri yang menyebabkan Hard Disk Eksternal minta di format.
Kami punya solusinya untuk masalah seperti ini. Cara ini tidak menggunakan software tambahan apapun, jadi cukup modal Command Prompt (CMD)
  1. Colokan Hard Disk Eksternal kamu kedalam komputer, Kemudian cek Path Hard Disk kamu berada,E/F/G atau H, biasanya akan beda-beda, tergantung Jumlah disk yang ada di komputer kamu.
  2. Sekarang masuk ke CMD Command Prompt. Caranya, Klik Start > Ketika cmd di Kolom pencarian.
  3. Kemudian, Ketik CHKDSK /r /f H: (H adalah Path Hard Disk Eksternal, Silahkan ganti sesuai Path HDD di PC kamu)
  4. Tekan Enter, Tunggu beberapa saat, biasanya agak lama, tergantung ukuran Hard Disk Eksternal.
Nah, sekarang coba cek hasilnya, Apa Hard Disk Eksternal kamu sudah tidak minta format lagi atau tidak? Cara ini sudah Jaka coba berkali-kali dikasus yang sama, dan ternyata memang ampuh untuk mengatasi Hard Disk yang terus-terusan minta di Format.
Jika cara ini masih belum bisa, Kamu bisa coba menggunakan Tools Recovery yang banyak disediakan di Internet.

No comments:
Write komentar