Mengatasi Jam dan Tanggal Pada Komputer / Laptop Berubah Dengan Sendiri

Baca Juga

Pernahkan anda mengalami jam dan tanggal pada komputer / laptop anda  berubah ke beberapa tahun silam?? Padahal sebelumnya selalu diupdate dengan date and time sekarang, tapi setelah komputer dimatikan, maka saat dihidupkan kembali muncul lagi masalah yang sama.


Sebenarnya masalah ini tidak berpengaruh terhadap kinerja komputer, hanya saja, untuk beberapa aplikasi seperti browser, saat digunakan untuk online pasti menimbulkan masalah. Jika di mozilla firefox, muncul connection is untrusted dan google chrome, maka akan muncul pesan error your connection is not private. Akibatnya browser tidak dapat lagi digunakan untuk menjelajah internet.

Cara cepat untuk mengatasi jika browser anda tidak dapat digunakan karena masalah peringatan tadi adalah dengan mengganti waktu dan tanggal pada komputer / laptop anda sesuai dengan waktu dan tanggal hari ini. Menggantinya dengan meng klik tanggal pada bagian kanan bawah jendela toolbar anda kemudian memilih Change date anda Time Setting.

Namun cukup ribet apabila setiap kali komputer dinyalakan harus mengubah tanggal dan waktu komputer / laptop kan??

Penyebab Jam dan Tanggal berubah

Tahukah Anda Penyebab terjadinya jam dan tanggal berubah dengan sendirinya? penyebab Jam dan Tanggal berubah dikarenakan oleh baterai BIOS tidak berfungsi lagi alias arus listrik sebesar 3 volt telah habis terkuras oleh waktu. Makanya tanggal dan jam pada computer tidak berfungsi dengan normal mengikuti zona waktu yang kita tentukan di setiap negara dan bahasa.

Penyebah batteri bios habis atau tidak berpungsi ada dua hal yang pertama :
  1. Umur bios sudah cukup lama, biasanya baterai BIOS yang bagus mampu bertahan selama ± 5 tahun.
  2. Konektor atau tempat dimana baterai BIOS itu diletakkan (motherboard laptop / Komputer) Longgar / Tidak Rapat.
Fungsi baterai Bios dan Bios di dalam komputer

Fungsi baterai bios di dalam komputer kita tahu bahwa, adalah untuk memberikan supplay daya ke chip bios untuk menjalankan sebuah system headware motherboard komputer itu sendiri.

Fungsi BIOS, ( Basic Input Qutput System ) dalam system komputer BIOS merupakan penyedia antarmuka komunikasi tingkat rendah dan juga dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (headware) seperti keyboard.

Cara Mengatasi 

Baterai bios yang normal biasanya tegangan yang di hasilkan sebesar 3 volt, untuk mengetahui teganggan pada battrai bios tersebut tentunya harus diukur mengunakan multitester. Apa bila teganggan pada saat diukur 0 mengunakan multitester, berarti baterai bios tersebut sudah rusak. Silakan ganti dengan yang baru. 

Batterai bios banyak di jual di pasaran dengan kisaran harga kira - kira 20 ribuan, harga tergantung dari kualitas batterai bios tersebut biasanya yang bagus harganya lebih mahal.


Baik sekarang kita mulai cara mengatasi masalah tanggal dan kalender computer berubah :

Bongkar laptop atau computer PC anda

  1. Apa bila anda mengalami poin pertama di atas yaitu baterai BIOS sudah habis, artinya harus menganti dengan yang baru.
  2. Mengatasi poin ke dua di atas ? silakan anda cabut baterai BIOS dari motherboard bersihkan dan pasang kembali.
Sesudah terpasang semuanya, hidupkan komputer anda, biasanya jika baterai bios habis di tandakan adanya bunyi Bed dan dibarengi dengan adanya tombol F1 di monitor pada saat booting komputer itu sendiri.

Selamat mencoba..

No comments:
Write komentar