Mengatasi Hasil Cetakan Printer Bergaris atau Putus - Putus

Baca Juga

Printer yang mengalami masalah seperti ini memiliki beberapa macam penyebabnya .Resiko yang sangat parah jika printer mengalami masalah ini yaitu harus membeli catridge baru , dengan mengganti catridge itu akan sangat merugikan kalian karena harga catridge lumayan menguras dompet.
Kurang maksimalnya pengetahuan tentang masalah ini pasti menyebabkan bingung . Tapi untuk lebih pastinya kalian dapat memeriksa dengan cermat dan mencocok kan dengan beberapa penyebab printer bergaris dan hasil cetak putus - putus yang akan printer-hero jabarkan berikut ini :

Masalah - Masalah yang sering Terjadi Hingga Mengakibatkan Printer Mencetak Bergaris dan putus putus :


Tersumbatnya Head Catridge

Hal ini terjadi karena beberapa masalah seperti , Lama membiarkan printer tidak melakukan cetak alias (terlupakan) sehingga menyebabkan tinta menggumpal di bagian head catridge , tabung infus ataupun daerah printer yang kurang terjaga kebersihanya , biasanya debu dan kotoran akan masuk kedalam tabung dan menjadii satu dengan tinta , sehingga menjadi gumpalan yang membuat head catridge tersumbat.

Cara Mengatasi :

  • Bersihak secara halus di bagian head dengan tisu 
  • Rendam Dengan air hangat ( Kurang di rekomendasikan ) 
  • Jika perlu bawa catridge ke service terdekat , untuk di lakukan penyedotan dengan alat khusus. 
Bagian Timing Strip / Encoder Kotor dan Terkena Tinta
  • Timing Strip atau yang lebih sering di sebut Encoder printer jarang sekali di pikirkan pada masalah hasil cetak bergaris dan putus - putus ini , padahal sering kali encoder ini menjadi penyebabnya .
  • Biasanya terjadi karena seringnya printer bekerja , dan sesekali ada hasil cetak yang nyangkut atau paper jam , menyebabkan encoder menjadi terkena tinta dan kotoran . hal ini menyebabkan encoder susah terbaca oleh mesin di bagian rumah catridge .

Cara Mengatasi :

Bersihkan Encoder yang berada di bagian belakang rumah catridge dengan Tisu halus .
Usahakan membersihkannya secara hati - hati , dan menyeluruh.  

Tinta Tidak Tersalurkan Ke Catridge

Bagi kalian yang menggunakan printer dengan modifikasi infus , pasti akan mengalami hal ini . Tinta yang mengalir dari tabung infus melalui selang kemasukan angin sehingga menyebabkan tinta berhenti berjalan menuju catridge . karena tinta tidak tersuply dengan baik di catridge printer mencetak dengan hasil bergaris dan putus - putus . 

Cara Mengatasi :

  • Pastikan kalian tidak telat dalam mengisi tinta (hal pertama yang menyebabkan masuk angin ) . Lancarkan jalanya tinta dengan mengeluarkan angin yang berada di selang infus .
  • Dengan berbagai cara yang kalian ketahui , seperti mencabut bagian selang yang berada di catridge agar tinta berjalan , menarik tinta dengan suntik , ataupun dengan menarik tinta melalui head catridge dengan alat khusus .  

PERLU DIPERHATIKAN!

Lakukan Head Cleaning atau pembersihan bagian cetak 

Head Cleaning perlu di lakukan jika kalian mendapati printer kalian mencetak dengan hasil yang bergaris dan putus - putus . tapi sebelum melakukan head cleaning ada baiknya kalian melakukan Nozle Check untuk mengetahui hasil dari cetak normal Catridge dalam keada'an seperti apa . dan jika hasilnya tidak seperti contoh(sempurna) yang di tayangkan di layar . maka kalian wajib melakukan Head Cleaning / Cleaning untuk mengeluarkan (membersihkan) sebagian tinta di bagian catridge agar hasil cetak menjadi sempurna dan lancar .

Masa berlaku Catridge yang sudah melebihi ambang batas

Setiap Catridge yang original , semuanya memiliki batas maksimum pemakaian dan pengguna'an dalam mencetak hal ini sering di lupakan karena banyak yang mengakalinya dengan menyutikkan tinta ataupun dengan system infus . walaupun demikian semakin lama catridge tersebut di gunakan , akan semakin lemah sehingga hasil cetak kurang maksimal. Cara Mengatasi : Mengganti Catridge 

No comments:
Write komentar